Aktivis-Pelajar Rayakan Kemerdekaan Bersihkan Gunung Rajabasa

id Peringati Kemerdekaan dengan Bersih Gunung, Pelajar Aktivis Bersih Gunung, Kemerdekaan Diisi Bersih Gunung

Aktivis-Pelajar Rayakan Kemerdekaan Bersihkan Gunung Rajabasa

Para aktivis dan pelajar anggota Pramuka melaksanakan aksi bersih Gunung Rajabasa di Lampung Selatan memperingati HUT Ke-71 Kemerdekaan RI. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Lampung Selatan (ANTARA Lampung) - Pelajar anggota Pramuka dan aktivis lingkungan di Kabupaten Lampung Selatan memperingati 71 Tahun Kemerdekaan RI, Rabu, dengan aksi bersih Gunung Rajabasa.

Menurut Hermansyah Direktur Eksekutif LSM Wanacala, saat dihubungi di Lampung Selatan, untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI tahun 2016 ini, pada 16-17 Agustus 2016, pihaknya mengajak dan mendampingi para pelajar anggota Pramuka dan para aktivis dengan cara yang berbeda.

Aktivis LSM Wanacala Lampung bersama pelajar anggota Pramuka SMA Ma`arif 1 Sukatani Kalianda, Lampung Selatan sebanyak 10 orang bergabung dengan pengutus/anggota lembaga/organisasi Adventure 5 orang, Risel Sumur Kumbang 7 orang, KPHL Model Rajabasa 6 orang, PHI Kalianda, Pecinta Budaya, Mapala, dan Sispala Lingkar Generasi Hijau 41 orang, melaksanakan bersih Gunung Rajabasa.

Selain bersih gunung itu, pihaknya juga mengadakan upacara bendera di puncak Gunung Rajabasa itu.

"Kami menggelar bersih Gunung Rajabasa, upacara bendera di puncaknya, dan berdiskusi bersama sekitar 70-an peserta," ujarnya lagi. Tema diskusi adalah tentang pengelolaan kawasan hutan lindung Register 3 Gunung Rajabasa Lampung Selatan.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini dilaksanakan dengan beragam cara oleh sejumlah elemen masyarakat di Lampung, selain mengadakan upacara peringatan Detik Detik Proklamasi seperti lazimnya.

Namun di Kota Bandarlampung, ibu kota Provinsi Lampung perayaan HUT Kemerdekaan RI yang diramaikan dengan aneka lomba melibatkan anak-anak, remaja maupun orang dewasa pria maupun wanita terhalang kondisi hujan deras yang berlangsung pada Rabu siang hingga petang.

"Pertandingan futsal antara bapak-bapak berpakaian daster tertunda menunggu hujan reda siang ini," kata Amir, warga Kelurahan Sukarame di Kecamatan Sukarame, Bandarlampung.

Warga setempat menggelar sejumlah perlombaan ketangkasan melibatkan anak-anak dan remaja setempat, termasuk para orang tua pria maupun wanita.

Remaja Islam di Masjid Jami Al Mukmin setempat juga mengadakan lomba cerdas cermat untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang diikuti para santri taman pendidikan Alquran maupun pelajar dan remaja sekitar.

Kemeriahan juga ditunjukkan warga perkampungan di Kota Bandarlampung yang sejak beberapa hari terakhir berinisiatif menghias rumah dan lingkungan sekitar rumahnya dengan berbagai atribut yang murah meriah ada di sekitar mereka maupun sengaja membuat secara khusus.

Sejumlah rumah lingkungan warga Sukarame itu dipasangi atribut bernuansa merah putih, antara lain terbuat dari bugkus plastik berwarna merah putih yang diselang-selingi.

Selain itu, umbul-umbul warna-warni juga terpasang di jalan-jalan maupun rumah warga berkibar merata bersama Bendera Merah Putih dalam sepekan ini sudah terpasang pada bagian depan rumah setiap warga maupun perkantoran dan perusahaan di kota ini.