RSI datangkan ahli farmakologi dari AS

id RS Imanuel, seminar farmakologi

RSI datangkan ahli farmakologi dari AS

Profesor Roger D Lander dari McWhorter School of Pharmacy Samford University AS membagikan pengalamannya kepada apoteker dan dokter di Lampung (ANTARA LAMPUNG/Agus Setyawan)

Saya sangat senang bisa hadir di sini, bersama para apoteker se-Lampung untuk mengikuti seminar yang akan disampaikan oleh Prof Roger yang juga akademisi dari McWhorter School of Pharmacy Samford University
Bandarlampung (Antara Lampung) - Bandarlampung, 6/8 (Antara) - Rumah Sakit Imanuel Lampung mengundang ahli farmakologi atau ilmu yang mempelajari pengaruh bahan kimia pada sel hidup atau sebaliknya, dari Amerika Serikat, untuk meningkatkan pemahaman manajemen penggunaan obat di apotek dan rumah sakit.
        
"Hari ini kita datangkan Profesor Roger D. Lander Pharm.D. FASHP, FCCP, BCACP McWhorter School of Pharmacy Samford University guna membagikan pengalamannya terhadap apoteker serta dokter di Lampung," kata Direktur RS Imanuel dr Ruth Mariva SpS saat membuka seminar farmakologi di Bandarlampung, Sabtu.
        
Menurut dia, kegiatan itu dilaksanakan sebagai ungkapan terima kasih kepada masyarakat, khususnya apoteker, serta juga dalam rangka memperingati HUT RS Imanuel ke-31.
        
"Kedatangan salah seorang ahli farmakologi dari AS ini tentu diharapkan dapat membuat pelayanan serta penerapan manajemen penggunaan obat (MPO) di apotek dan rumah sakit akan semakin baik," katanya.
        
Ia berharap, dengan mendatangkan ahli itu para apoteker di Provinsi Lampung akan semakin memahami dan bisa meningkatkan mutu keselamatan pasien.
       
 "Kewajiban kita sebagai petugas medis, termasuk apoteker, adalah memberikan pelayanan dan perawatan terbaik, serta mampu memberikan obat-obatan yang efeknya paling baik demi kesembuhan pasien yang ditanganinya," kata dia.
       
 Ia menyebutkan RS Imanuel telah meraih akreditasi rumah sakit versi 2012 dengan peringkat paripurna.
       
 "Raihan ini tentu tidak lepas dari dukungan banyak pihak. Sebagai ucapan syukur salah satunya adalah berupaya untuk mempersiapkan segala kebutuhan agar penerapan MPO di Lampung terus meningkat," kata dia.
        
Ia juga berharap adanya seminar praktek farmasi klinik dan penerapan standar manajemen MPO KARS versi 2012 untuk meningkatkan mutu keselamatan pasien agar dapat terus diterapkan di RS.
        
Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Lampung Ardiansyah mengapresiasi RS Imanuel yang telah mendatangkan ahli farmakologi dari Alabama, Amerika Serikat itu.
        
"Saya sangat senang bisa hadir di sini, bersama para apoteker se-Lampung untuk mengikuti seminar yang akan disampaikan oleh Prof Roger yang juga akademisi dari McWhorter School of Pharmacy Samford University," kata dia.
       
 Mungkin, ia melanjutkan, kegiatan itu merupakan yang pertama kali di Indonesia, jadi sangat patut untuk diapresisasikan.
        
"Saya harap, para apoteker dapat memanfaatkan peristiwa langka ini sehingga bisa memajukan kemampuannya dalam upaya peningkatan mutu keselamatan pasien," kata dia.    
    
Terlebih lagi, ia melanjutkan, pemateri yang dihadirkan selain Profesor dari Amerika Serikat hadir pula Ketua bidang pendidikan dan penelitian Himpunan Seminar Farmasi Rumah Sakit Indonesia (Hisfarsi) Dra Yulia Trisna Apt MPharm.
        
Ia berharap dengan para pembicara yang baik itu dapat menambah pengalaman untuk memperbaiki mutu keselamatan pasisen