Darmajaya Menangkan Hibah PKKUI Dikti Kali Ketiga

id ibi darmajaya, IKADJ, dikti

 Darmajaya Menangkan Hibah PKKUI Dikti Kali Ketiga

Kampus IBI Darmajaya (ibi darmajaya)


Bandarlampung, 30/6 (ANTARA Lampung) – Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya kembali memenangkan hibah Program Bantuan Kelembagaan Kantor Urusan Internasional (PKKUI) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Hibah intersebut untuk kali ketiganya dimenangkan Darmajaya selama tiga tahun berturut sejak 2014. Kampus yang berdiri sejak 1997 ini menjadi salah satu dari 4 perguruan tinggi di Sumatera yang mendapatkan hibah PKKUI dan menjadi satu-satunya di Lampung.

Melalui proses penyeleksian yang ketat Kantor Urusan Hubungan Internasional (KUHI), Darmajaya berhasil masuk dalam 30 perguruan tinggi se-Indonesia yang meraih hibah tersebut dari 54 perguruan tinggi se-Indonesia yang mengajukan proposal. Dana yang diperoleh Darmajaya juga meningkat dibanding tahun sebelumnya dari Rp80 juta menjadi Rp85 juta.

Rektor Darmajaya, Ir. Firmansyah YA, MBA., MSc mengucapkan selamat kepada KUHI dan mengapresiasi prestasi tersebut. Ia juga berterimakasih kepada Direktorat Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi atas kepercayaan yang diberikan, serta dukungan dari Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II.

“Alhamdulillah, Darmajaya bisa kembali mempertahankan hibah PKKUI dari Kemenristek Dikti selama tiga tahun berturut. Prestasi ini menjadi motivasi dan tanggung jawab bagi Darmajaya untuk memanfaatkan kepercayaan ini dengan baik, dan terus memperkuat program internasional di kampus tercinta,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala KUHI Darmajaya, Rahmalia Syahputri mengungkapkan, tahun ini, Darmajaya bermitra dengan Institut Pertanian Bogor dalam pelaksanaan hibah PKKUI. Hibah tersebut akan digunakan untuk meningkatkan mutu pengelolaan KUHI dan penyelenggaraan program-program internasional di Kampus Darmajaya.

“Program yang akan kami laksanakan di antaranya Kuliah Kerja Nyata Internasional (KKNI) yang menjadi salah satu program internasional unggulan Darmajaya. Dimana mahasiswa internasional dari Asia-Eropa bisa magang di Kampus Darmajaya selama 1 bulan dan tahun ini rencananya akan dilaksanakan pada Oktober mendatang dengan mengusung tema Leadership,” ujarnya.

Program lainnya yakni Summer Course yang berlangsung selama empat hari, terbuka untuk umum dengan tema Technopreneurship. Kegiatan ini akan diikuti mahasiswa asing dari berbagai perguruan tinggi luar negeri. Rencananya juga dilaksanakan pada Oktober mendatang dengan diisi kegiatan pelatihan proposal bisnis, diskusi, pertukaran budaya, kunjungan industri, serta menghadirkan pembicara nasional dan internasional.

“Sesuai dengan tagline Darmajaya yakni Be Bold, Be Vibrant, Be Technopreneur, program KKNI dengan tema Leadership mengajarkan peserta untuk menjadi pribadi yang tangguh untuk memimpin melalui suasana kampus Darmajaya yang hidup. Begitupula dengan tema Technopreneurship untuk kegiatan Summer Course menunjukkan bahwa Darmajaya adalah kampus yang fokus mencetak lulusan berjiwa technopreneur,” tambahnya.(*)