Waykanan Segera Buat Perda Larangan Kendaraan Berat

id Waykanan, bupati Waykanan

Waykanan Segera Buat Perda Larangan Kendaraan Berat

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya (Foto Antaralampung.com/Emir FS)

Waykanan, (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kabupaten Waykanan, Lampung, segera membuat peraturan daerah tentang larangan kendaraan besar dan bermuatan lebih untuk melintasi jalan milik kabupaten guna menjaga kondisi jalan tetap baik dan tidak mudah cepat rusak.

"Saya tidak mau jalan yang baru diperbaiki baru tiga bulan sudah rusak kembali, dan begitu seterusnya. Makanya akan saya buatkan perda tersebut," ujar Bupati Waykanan Raden Adipati Surya di Waykanan, Selasa.

Menurut dia, dengan dibuat peraturan daerah tentang jumlah batasan muatan kendaraan, dapat membuat usia jalan kabupaten lebih lama dan tidak mudah rusak sebagaimana dikeluhkan warga selama ini.

"Sudah muatannya lebih, kendaraan yang lewat besar semua dan yang `ngerjain` jalan asal-asalan pula, cocok sudah pasti usia jalan hanya satu sampai dua bulan saja sudah itu rusak lagi begitu seterusnya bila tidak dibuatkan perda mulai dari sekarang," kata dia.

Selain itu, katanya, pembahasan pembuatan perda tersebut akan dilakukan sejak tahun ini agar segera dapat disahkan.

"Kalau perlu kita buatkan semacam portal agar kendaraan besar dan muatan lebih tidak bisa lewat, ya walaupun sebagian besar masyarakat Waykanan merupakan bermata pencarian petani dan berkebun dan punya kendaraan besar, namun perlu sama-sama menjaga," katanya.

Adipati menjelaskan, pemerintah pusat melalui Bappenas sudah menganggarkan perbaikan jalan maupun pembuatan jalan baru nasional di Kabupaten Waykanan.

Jumlah jalan yang mencapai 660 kilometer itu merupakan data sementara, sedangkan yang sudah didata semua jalan yang akan diperbaiki mengalami perubahan menjadi 812 kilometer.

"Anggaran Tahun 2016 bukan saya yang mengesahkan dan saya belum menjadi bupati. Tetapi nanti pada tahun 2017 itu merupakan cerminan dari saya dan wakil saat janji-janji politik saat kampaye waktu itu," kata Adipati.

Politikus Partai Demokrat itu mengharapkan warga dan seluruh elemen masyarakat dapat mendukung program pemerintah, khususnya di bidang infrastruktur jalan.

"Semoga ini dapat terwujud pada Tahun 2019. Jalan di Waykanan mulus dan dapat dilalui dengan cepat dan dapat mempermudah pelayanan yang ada di Kabupaten Waykanan," katanya. ***3***