Universitas Lampung Usulkan Tambah Tiga Fakultas Baru

id Unila Tambah Tiga Fakultas Baru, Unila Usulkan Tambah Fakultas, Unila Tambah Fakultas, Unila

Universitas Lampung Usulkan Tambah Tiga Fakultas Baru

Prof Dr Bujang Rahman Wakil Rektor I Universitas Lampung saat menjelaskan pengembangan Kampus Unila. (FOTO: ANTARA Lampung/Budisantoso Budiman)

"Tiga fakultas baru sedang diusulkan ke kementerian, yaitu Fakultas Teknologi Pertanian yang telah diajukan usulannya dan ditargetkan paling lambat tahun depan dapat dibuka," ujar Prof Bujang Rahman.
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Universitas Lampung sebagai perguruan tinggi negeri umum terbesar di Provinsi Lampung mengusulkan penambahan tiga fakultas baru untuk melengkapi delapan fakultas yang sudah ada selama ini.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Lampung (Unila) Prof Dr Bujang Rahman, di Bandarlampung, Minggu (19/6), menyebutkan pihaknya mengusulkan penambahan tiga fakultas baru, yaitu Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Kelautan, dan Fakultas Ilmu Budaya.

Saat ini Unila telah memiliki delapan fakultas, yaitu Fakultas Hukum, Ekonomi, Pertanian, Teknik, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Pendidikan Kedokteran.

"Tiga fakultas baru sedang diusulkan ke kementerian, yaitu Fakultas Teknologi Pertanian yang telah diajukan usulannya dan ditargetkan paling lambat tahun depan dapat dibuka," ujar Prof Bujang.

Setelah menyiapkan dan mengusulkan pembukaan Fakultas Teknologi Pertanian, selanjutnya Unila bersiap pula menambah dua fakultas baru, yaitu Fakultas Kelautan dan Fakultas Ilmu Budaya secara bertahap sesudahnya.

Menurut Bujang, pendirian tiga fakultas baru di Unila itu antara lain untuk menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat serta mengantisipasi perkembangan pembangunan saat ini dan ke depan antara lain memerlukan sumber daya manusia dalam pengembangan ilmu teknologi pertanian, kelautan, dan sosial budaya.

Unila saat ini memiliki 1.162 orang dosen, yaitu 51 dosen bergelar sarjana (S-1), 746 dosen bergelar strata dua (S-2), dan 357 orang dosen bergelar doktor (S-3) termasuk 60 dosen bergelar guru besar (profesor).

Sebanyak 27 orang dosen Unila sedang tugas belajar sementara S-2, dan 179 orang dosen tugas belajar S-3 di dalam maupun luar negeri, serta 206 dosen secara penuh harus melanjutkan pendidikan lebih tinggi.

Bujang menyebutkan, saat ini jumlah mahasiswa Unila mencapai 30.000-an orang.

Pada tahun ajaran 2016/2017 ini Unila akan menerima sebanyak 5.703 mahasiswa baru, yaitu 2.281 mahasiswa baru direkrut melalui jalur undangan khusus Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNPMTN), 1.811 mahasiswa baru direkrut melalui tes tertulis Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan 1.611 mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

"Unila bertekad terus meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan para dosen, sehingga berkontribusi bagi peningkatan kemajuan Unila," kata Bujang.

Dia berharap, Unila akan berperan lebih luas lagi dalam pembangunan dan di tengah masyarakat. "Apalagi saat ini posisi Unila dibandingkan perguruan tinggi negeri lainnya di Indonesia tidak lagi berada di papan bawah, tapi sudah naik ke papan menengah untuk ditargetkan menuju papan atas," ujar Bujang Rahman pula.