Kapolda Lampung Kuliah Umum di IAIN Raden Intan

id kapolda lampung, brigjen ike edwin, kuliah umum, iain raden intan lampung

Kapolda Lampung Kuliah Umum di IAIN Raden Intan

Kapolda Lampung Brigjen Ike Edwin (Foto: ANTARA LAMPUNG/Agus Setyawan)

...Saya harap mahasiswa bisa menjadi salah satu pendobrak agar dapat terus mewujudkan wawasan kebangsaan sesuai dengan cita-cita bangsa, sehingga tidak tergerus dengan kemajuan yang ada, kata Ike...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Kepala Kepolisian Daerah Lampung Brigjen Ike Edwin memberikan kuliah umum yang bertemakan "Mewaspadai Ancaman Kebangsaan di Era Globalisasi" di Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung, di Bandarlampung, Senin.

Kapolda mengatakan dulu diterapkan hukuman membersihkan rumah adat bagi warga yang telah melakukan kesalahan, dan hasilnya sampai kapan pun tidak akan terulang lagi karena merasa malu.

Tapi sekarang, kata Kapolda lagi, jangankan seperti itu, bahkan sebaliknya. "Sekarang pencuri ayam yang masuk penjara bisa belajar merampok dari penjahat yang ditemui dalam sel penjara," kata dia lagi.

Era globalisasi, menurutnya, akan semakin besar mempengaruhi kehidupan masyarakat khususnya mengenai wawasan kebangsaan yang semakin memudar.

"Saya harap mahasiswa bisa menjadi salah satu pendobrak agar dapat terus mewujudkan wawasan kebangsaan sesuai dengan cita-cita bangsa, sehingga tidak tergerus dengan kemajuan yang ada," kata dia pula.

Ia juga berharap ke depan mahasiswa dapat menjadi generasi penerus tanpa terganggu dengan adanya peredaraan narkoba.

"Saat ini peredaraan narkoba sudah semakin meningkat, sehingga perlu peran dari semua elemen termasuk mahasiswa untuk mencegahnya," kata dia pula.

Selain memberi kuliah umum, Kapolda Lampung juga menghadiri pelantikan Satgas Antinarkoba di tempat yang sama dan dihadiri Wakil Wali Kota Bandarlampung HM Yusuf Kohar serta Rektor IAIN Raden Intan Prof M Mukri.

Kapolda mengatakan, tugas Satgas Antinarkoba itu adalah melaporkan jika ada orang yang kedapatan menggunakan narkoba.

"Saya harap dengan telah dilantik sebagai Satgas Antinarkoba, Institut ini bisa menjadi cikal bakal dari keikutsertaan mahasiswa dalam upaya pemberantasan narkoba di Lampung," kata Brigjen Ike pula.

Kapolda juga menyebutkan, ke depan pihaknya akan membentuk Satgas Paham Radikalisme dan Komunisme untuk meredam telah terkikis wawasan kebangsaan kalangan generasi muda.

"Selesai lebaran nanti akan dibentuk Satgas Paham Radikalisme dan Komunisme," kata Kapolda Lampung itu pula.(Ant)