Bupati Waykanan Jajal Arung Jeram Way Umpu

id raden adipati surya, bupati waykanan, arung jeran sungai umpu

Bupati Waykanan Jajal Arung Jeram Way Umpu

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya dan rombongan bersiap mencoba olahraga arung jeram di Sungai Umpu. (Foto Antaralampung.com/Emir FS)

...Nantinya akan dilatih tim arung jeram di Kabupaten Waykanan minimal 10 orang, dan akan dilengkapi dengan peralatan yang sesuai prosedur," katanya...
Waykanan, Lampung (ANTARA Lampung) - Bupati Waykanan Provinsi Lampung Raden Adipati Surya menjajal olahraga menantang adrenalin dengan melakukan arung jeram di Sungai Way Umpu Kampung Jukuh Batu Kecamatan Banjit untuk mengenalkan destinasi wisata di Kabupaten Waykanan.

Sempat tertunda lantaran hujan yang cukup deras namun kegiatan arung jeram yang diikuti Bupati Raden Adipati itu dapat dilakukan dengan beberapa pertimbangan, yaitu bila debit air semakin tinggi maka kegiatan tersebut dihentikan di tengah jalan mengingat keselamatan jiwa dari para peserta lebih diutamakan.

Bahkan untuk melaksanakan acara itu, Pemerintah Kabupaten Waykanan harus mendatangkan tim ahli arung jeram dari Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan.

Raden Adipati Surya mengatakan, olahraga rafting atau lebih dikenal dengan arung jeram merupakan kegiatan yang menantang adreanalin, sehingga pesertanya selain harus memiliki fisik yang bagus, kepiawaan dalam mendayung perahu juga sangat diutamakan.

"Saya takut juga bila tidak ada tim ahli arung jeram dari Muara Enim karena menyangkut keselamatan para peserta tersebut," ujarnya lagi.

Ia menambahkan, selain mencoba olahraga baru, dengan adanya jalur arung jeram di Kabupaten Waykanan dapat mengangkat destinasi wisata yang ada di daerahnya, bahkan akan dijadikan sebagai ajang promosi kepada pihak luar.

Selain itu, dengan adanya lokasi untuk arung jeram di Kabupaten Waykanan, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata setempat tinggal mengelola dengan baik, serta melatih personel yang akan menjadi tim inti arung jeram tersebut.

"Nantinya akan dilatih tim arung jeram di Kabupaten Waykanan minimal 10 orang, dan akan dilengkapi dengan peralatan yang sesuai prosedur," katanya.

Adipati menambahkan, banyak potensi wisata di daerah itu, bahkan di tempat lokasi start arung jeram terdapat kolam air panas asli dari bumi yang belum terawat tempatnya.

Anggota Tim Arung Jeram Muara Enim Hamid mengatakan, ekspedisi arung jeram bersama Bupati Waykanan sangat serius dilakukan, apalagi melihat semangatnya, walaupun cuaca hujan cukup deras sehingga membuat arus air Sungai Way Umpu menjadi lebih deras.

Namun Bupati beserta rombongan tetap bersemangat untuk melakukan ekshibisi arung jeram di Sungai Way Umpu itu.

Hamid menjelaskan, gelombang air dan debit air saat ini masih dalam batas wajar, mengingat masih pada angka 2,5. Tetapi bila pada saat kegiatan berlangsung air terus meningkat ketinggiannya akan segera dilakukan evakuasi oleh tim SAR yang sudah siaga di lokasi.

"Saya melihat semangat pak Bupati untuk melaksanakan arung jeram membuat saya dan tim menjadi lebih bersemangat untuk membawa pak Bupati Waykanan Raden Adipati Surya beserta rombongan untuk menaklukkan Sungai Way Umpu tersebut," katanya.(Ant)