Ketua DKL Dukung Seni Tari Tradisional

id yustin ficardo tari, ketua dkl, lomba tari

Ketua DKL Dukung Seni Tari Tradisional

Ketua Umum Dewan Kesenian Lampung (DKL) Aprilani Yustin Ficardo (ist)

...mengenalkan dan menanamkan cinta akan budaya daerah dimulai dari usia kanak-kanak. Dengan begitu diharapkan semua generasi muda dapat terus melestarikan budaya melalui seni tari, ujar Yustin...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Ketua Umum Dewan Kesenian Lampung (DKL) Aprilani Yustin Ficardo, memberikan dukungan dan perhatian pada pembinaan seni tari bagi anak-anak khususnya tari tradisonal khas Lampung.

"Sekaligus dalam rangka memperingati Hari Tari Se-dunia yang jatuh pada 29 April, Dewan Kesenian Lampung mengadakan pagelaran tari yang diikuti 1.000-an penari berpusat di Tugu Adipura Bandarlampung," kata dia, di Bandarlampung, Sabtu.

Ia menyebutkan, mengenalkan dan menanamkan cinta akan budaya daerah dimulai dari usia kanak-kanak. Dengan begitu diharapkan semua generasi muda dapat terus melestarikan budaya melalui seni tari.

Pagelaran tari tersebut, lanjutnya, dimulai dengan penampilan dari penari anak-anak pada sore hari, dan dilanjutkan dengan penampilan penari remaja dan senior pada malam harinya. Baik penari pemula dan yang sudah lama berkiprah di dunia seni tari akan unjuk gigi di perhelatan Hari Tari Se-dunia ini.

"Provinsi Lampung kaya akan keragaman budaya termasuk di dalamnya seni tari. Saya berharap DKL dapat menjadi wadah bagi penari Lampung untuk berkreasi, berekspresi dan berprestasi," ujar istri Gubernur Lampung tersebut.

Pagelaran tari dimulai pukul 16.00 dengan parade/pawai dari Pasar Seni menuju Tugu Adipura yang dijadikan panggung terbuka bagi masyarakat yang datang untuk melihat pertunjukan tari Nusantara yang sangat beragam.

Hari tari dunia sendiri mulai diperingati sejak tahun 1982, yang dicanangkan oleh lembaga tari internasional CID-Counseil Internasional de la Danse. Pencanangan ini bertujuan untuk mengajak seluruh warga dunia berpartisipasi untuk menampilkan tarian-tarian negara mereka yang jumlahnya beragam.(Ant)