Rini tinjau nasabah mikro di Sukabumi

id menteri bumn, rini sumarno, tinjau usaha mikro, sukabumi

Rini tinjau nasabah mikro di Sukabumi

Menteri BUMN, Rini Soemarno (ANTARA FOTO/Agus Bebeng)

...BUMN siap menyalurkan KUR untuk menciptakan "slamet-slamet" lainnya, sehingga dapat membangkitkan ekonomi nasional melalui para UKM," ujar Rini...
Sukabumi (ANTARA Lampung) - Menteri BUMN Rini Soemarno, melakukan kunjungan kerja di Sukabumi, untuk meninjau langsung usaha kecil menengah mikro (UKMM) yang mendapat fasilitas kredit usaha mikro Bank BRI dan Bank BNI.

Dalam kunjungan kerja di Sukabumi, Selasa, Rini didampingi Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Jasa Konsultasi BUMN Gatot Trihargo, Dirut Bank BNI Ahmad Baiquni dan Direktur Direktur Bisnis Kelembagaan BRI Muhammad Irfan, dan Direktur Utama PT Permodalan Nasional Madani Parman Nataatmadja.

Pada kesempatan itu, Rini langsung meninjau Pondok Wirausaha Dwina Assalam SQF milik Slamet Wuryadi, yang memiliki usaha peternakan burung puyuh.

Usaha peternakan burung puyuh Slamet Wuryadi yang merupakan nasabah Bank BRI ini setiap bulan meraup pendapatan hingga sekitar Rp70 juta dari penjualan telur dan daging burung puyuh.

Dalam sambutannya, Rini mengatakan sosok Slamet Wuryadi bisa menginspirasi siapa saja masyarakat ingin ingin menjadi wirausaha, dengan modal ketekunan bisa menghasilkan keuntungan dari ternak burung puyuh.

"BUMN siap menyalurkan KUR untuk menciptakan "slamet-slamet" lainnya, sehingga dapat membangkitkan ekonomi nasional melalui para UKM," ujarnya.

Selanjutnya, Rini meninjau Kelompok Usaha Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) di Desa Langansari, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi.

Program Mekaar ini membantu ibu-ibu rumah tangga melakukan wira usaha secara berkelompok untuk meningkatkan taraf perekonomian keluarga.

Dengan rata-rata 15-30 orang per kelompok, PNM memberikan pinjaman sekitar Rp400.000 setiap ibu rumah tangga dengan bunga sangat lunak.

Pada kesempatan itu, Rini juga menyaksikan penandatanganan kerja sama modal kerja sebesar Rp500 miliar dari Bank BRI kepada PNM untuk pembiayaan program Mekaar.

Selanjutnya, Rini meninjau nasabah UKM Bank BNI di kawasan Selabinta, nasabah yang bergerak dalam usaha bunga potong. (Ant)