Menpora apresiasi debut Rio di Formula 1

id Menpora imam nahrawi, rio hariyanto, formula 1

Menpora apresiasi debut Rio di Formula 1

Menpora Imam Nachrawi (kiri) bersama Rio Haryanto. (ANTARA/Yudhi Mahatma)

...Ini adalah sejarah bagi Rio maupun Indonesia, kata menpora...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengapresiasi debut Rio Haryanto di Formula 1 meski pada balapan di Sirkuit Albert Park Melbourne, Australia, Minggu harus terhenti di lap 40 karena terkendala teknis.

"Ini adalah sejarah bagi Rio maupun Indonesia. Saya melihat penampilan Rio hari ini sudah menunjukkan kemajuan yang luar biasa di banding pembalap lain yang sudah lebih dulu merasakan balapan F1," kata Menpora Imam Nahrawi dalam keterangan tertulis yang diterima media di Jakarta.

Demi memberikan dukungan langsung pada pebalap yang memperkuat tim Manor Racing ini, pria yang akrab dipanggil Cak Imam itu datang langsung ke Sirkuit Albert Park. Bahkan, orang nomor satu di Kemenpora itu sudah hadir di Australia sejak babak kualifikasi.

Meski Rio Haryanto belum mampu menyelesaikan perlombaan, Menpora tidak mempermasalahkan bahkan terus memberikan semangat pada pebalap asal Solo, Jawa Tengah itu karena berhentinya diperlombaan disebabkan pada mesin MRT05 yang digunakan untuk balapan.

"Sayang ada masalah teknis pada kendaraannya dan ini murni masalah teknis di luar kemampuan Rio. Yang terpenting saat ini Rio sudah memulai. Seri pertama ini menjadi pengalaman bagi Rio untuk meraih hasil lebih baik di seri balapan berikutnya," ujar pria asal Bangkalan, Madura itu.

Seri pertama kejuaraan jet darat ini terbilang cukup fenomenal. Selain debut Rio yang menjadi orang Indonesia yang bisa tampil di F1 juga terjadi insiden yang membuat balapan sempat dihentikan. Insiden tersebut menimpa juara dunia dua kali yaitu Fernando Alonso yang menabrak Esteban Gutierrez.

Balapan pembuka musim ini juga membuat salah satu andalan Ferrari yaitu Kimi Raikkonen harus meninggalkan perlombaan karena mengalami kerusakan pada kendaraan Kuda Jingkraknya. Masalah teknis dinilai cukup lumrah pada kejuaraan balap mobil paling bergengsi di dunia itu.

Meski sempat terjadi insiden, balapan tetap berjalan dan pada seri perdana F1 menempatkan pebalap Mercedez Nico Rosberg sebagai pebalap tercepat disusul rekan satu timnya Lewis Hamilton. Sedangkan posisi tiga diduduki pebalap Ferrari, Sebastian Vettel.

Setelah menyelesaikan seri Melbourne, sebanyak 22 pebalap dari 11 tim akan menjalani seri kedua di Bahrain, 3 April nanti. Rio Haryanto diharapkan mampu memberikan yang terbaik. Apalagi di Bahrain anak pasangan Sinyo Haryanto-Indah Pennywati mempunyai pengalaman yang cukup bagus.

"Kita tunggu pada 'race' berikutnya di Bahrain, tetap semangat Rio!," ucap Menpora Imam Nahrawi, menegaskan.