HPN 2016 diawali forum investasi pasarkan NTB

id logo hpn 2016, peringatan hpn 2016, ntb

HPN 2016 diawali forum investasi pasarkan NTB

Logo HPN 2016 (ist)

...Forum Investasi ini digelar untuk menarik minat investasi sebanyak-banyaknya ke Nusa Tenggara Barat, yang menjadi lokasi kegiatan HPN 2016 5-10 Februari, kata Teguh Santosa...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2016 akan diawali dengan kegiatan Forum Investasi yang digelar di Pendopo Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat di Mataram sehari sebelumnya sebagai upaya memasarkan provinsi tersebut.

Kegiatan Forum Investasi akan digelar pada 8 Februari 2015, sehari sebelum puncak HPN 9 Februari di Mandalika yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

"Forum Investasi ini digelar untuk menarik minat investasi sebanyak-banyaknya ke Nusa Tenggara Barat, yang menjadi lokasi kegiatan HPN 2016 5-10 Februari," kata Ketua Penyelenggaran HPN 2016 Teguh Santosa dalam jumpa pers di Kantor Dewan Pers, Jakarta, Senin.

Teguh menjelaskan, pembicara utama dalam Forum Investasi tersebut yakni Gubernur NTB TGH M. Zainul Majdi yang akan memaparkan potensi provinsi yang meraih posisi tertinggi pertumbuhan ekonomi daerah sepanjang 2015.

"Dalam beberapa waktu belakangan, pemerintah Provinsi NTB juga lebih agresif mengembangkan diri. Baru-baru ini mereka mengklaim jadi tujuan wisata halal dan tujuan utama wisata bulan madu dunia. Termasuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika juga ditetapkan sebagai satu dari 10 destinasi wisata baru," katanya.

Mengusung tema "Pers yang Merdeka, Mendorong Poros Maritim dan Pariwisata Nusantara", Teguh berharap momentum HPN 2016 bisa ikut menjadi bagian dalam mendorong visi sebagai poros maritim dunia dan memasarkan pariwisata dalam rangka memenuhi target 20 juta wisatawan asing pada 2019.

Putut Prabantoro, Koordinator Forum Investasi HPN 2016, dalam kesempatan yang sama, menuturkan kegiatan tersebut diharapkan dapat dihadiri sekitar 100 orang undangan.

Pihaknya mendata sekitar 18 duta besar dari negara sahabat dan Sekretaris Jenderal ASEAN Lee Luong Minh telah memastikan diri datang ke acara tersebut.

"Ini pertama kalinya ada acara forum investasi seperti ini. Selain pariwisata, Pemprov NTB juga akan menawarkan sejumlah proyek pembangunan yang diharapkan bisa diminati investor," ujarnya.

Sejumlah duta besar yang dipastikan datang dalam kegiatan tersebut diantaranya dari Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Laos, Portugal, Perancis, Australia, Jepang, Ukraina, Hungaria, Jerman, Italia, Pakistan, Amerika Serikat, Qatar, Yordania dan Finlandia. (Ant)