Nelayan Lampung Timur Tangkap Kepiting Rajungan

id Nelayan Lampung Timur Tangkap Rajungan, Nelayan Lampung Timur, Lampung Timur

Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Nelayan di Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur mulai menangkap ikan dan berbagai hasil tangkapan laut lainnya termasuk kepiting rajungan memasuki musim barat atau musim ikan di perairan laut daerah ini.

Hermanto, nelayan di Desa Margasari, Lampung Timur, Minggu (29/11), mengatakan nelayan di desanya mulai banyak yang menangkap kepiting rajungan di awal musim barat ini.

"Nelayan tradisional sudah mulai menangkap kepiting rajungan di awal musim barat ini, dan kepiting rajungan itu mulai banyak didapatkan oleh nelayan di sini," kata Hermanto.

Menurut dia, pada awal musim barat ini nelayan sudah mulai mendapatkan 6-10 kilogram kepiting rajungan sekali melaut.

Hermanto menambahkan, saat ini harga kepiting rajungan itu Rp35.000 hingga Rp38.000 per kilogram yang dibeli oleh para tengkulak atau pembina nelayan.

Selain tangkapan kepiting rajungan, menurut Hermanto, nelayan di desanya juga mulai menangkap berbagai jenis ikan dan cumi-cumi.

"Nelayan lainnya juga sudah mulai menangkap ikan dan cumi-cumi, meskipun hasil tangkapan belum terlalu banyak," katanya lagi.

Yati (35), pedagang ikan di desa setempat mengatakan, terbiasa membeli hasil tangkapan nelayan, dan saat ini hasil tangkapan nelayan di desanya sudah mulai banyak meskipun belum sebanyak pada puncak musim barat nanti.

Dia menyebutkan, jenis tangkapan ikan yang banyak diperoleh, di antaranya ikan kurisi, jolot, ikan kepala batu dan cumi-cumi.

Ia menyatakan, ikan dari nelayan itu dibelinya dengan harga lumayan tinggi.

Harga ikan itu lebih tinggi sebelum puncak musim barat nanti, mengingat jumlahnya masih belum terlalu banyak.

"Sekarang masih awal musim dan pasokannya belum terlalu banyak, sehingga harga lumayan tinggi. Ikan kurisi harganya Rp10 ribu, ikan kepala batu Rp6 ribu dan cumi-cumi Rp35 ribu per kilogram yang saya beli dari nelayan," ujarnya lagi.

Dalam satu kapal motor laut, kata Yati, nelayan bisa mendapatkan 150-200 kg ikan tangkapan, tapi di puncak musim barat nanti tangkapan nelayan biasanya bisa lebih banyak dari jumlah itu.