SMAN 9 Bandarlampung Terbanyak Lulus SNMPTN

id Kelulusan SNMPTN, SMAN 9 Bandarlampung, Terbaik Lampung

SMAN 9 Bandarlampung Terbanyak Lulus SNMPTN

Kepala SMAN 9 Bandarlampung Drs Hendro Suyono menyematkan penghargaan bagi siswa berprestasi terbaik di sekolah ini. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Lulusan SMA Negeri 9 Bandarlampung terbanyak di Provinsi Lampung berhasil diterima melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015, yaitu pola seleksi nasional mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri berdasarkan penjaringan prestasi akademik menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya.

Kepala SMAN 9 Bandarlampung Drs Hendro Suyono, didampingi Ketua Komite sekolah ini, Dr Ayi Ahadiat, di Bandarlampung, Selasa (19/5), menyatakan bahwa pada tahun ajaran 2014/2015 ini, secara keseluruhan 100 persen dari 267 siswa peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (Computer Based Test/CBT) berhasil meraih kelulusan.

SMAN 9 Bandarlampung merupakan satu dari 14 sekolah SMP dan SMA sederajat negeri maupun swasta di Provinsi Lampung yang melaksanakan UN CBT tahun 2015 ini.

"Kelulusan siswa tahun pelajaran 2014/2015 di SMAN 9 Bandarlampung mencapai 100 persen," ujar Hendro lagi.

Dia merincikan dari jumlah siswa yang lulus sebanyak 267 siswa tersebut, lulusan yang diterima melalui hasil seleksi SNMPTN undangan tanpa tes tertulis di berbagai PTN seluruh Indonesia mencapai 124 lulusan.

Mereka diterima di Universitas Indonesia (UI) Jakarta tiga lulusan, Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung empat lulusan, Institut Teknologi Bandung (ITB) juga empat lulusan, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta sebanyak 12 lulusan, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dua lulusan, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo satu lulusan, Universitas Brawijaya (Unbraw) Malang lima lulusan, dan Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang enam lulusan.

Selain itu, di PTN Provinsi Lampung sendiri, lulusan SMAN 9 Bandarlampung yang diterima lewat jalur undangan SNMPTN di Universitas Lampung (Unila) sebanyak 84 lulusan, dan IAIN Raden Intan Bandarlampung sebanyak tiga orang lulusan.

"Keberhasilan lulusan SMAN 9 Bandarlampung lulus lewat jalur SNMPTN itu mencapai 46,44 persen dari keseluruhan siswa yang kelulusannya 100 persen dari 267 siswa peserta UN tahun ini," kata Hendro lagi.

Menurutnya, dibandingkan hasil kelulusan SNMPTN tahun lalu, dari 291 siswa yang lulus diterima lewat jalur SNMPTN sebanyak 149 siswa atau 51,20 persen, berarti terjadi penurunan 4,76 persen diterima SNMPTN pada tahun ini.

"Tetapi secara umum untuk raihan SNMPTN tahun ini, SMAN 9 Bandarlampung masih yang tertinggi untuk di Provinsi Lampung," kata dia pula.

Raihan urutan kedua terbanyak diterima SNMPTN di Lampung tahun ini adalah lulusan SMA YP Unila, dan urutan ketiga lulusan SMAN 2 Bandarlampung.

Menjelang pengumuman kelulusan UN dan SNMPTN, keluarga besar SMAN 9 Bandarlampung telah menggelar acara pelepasan (perpisahan) siswa kelas XII Tahun Pelajaran 2014/2015 di lapangan Kampus Hijau sekolah ini, Rabu (13/5).

Kepala SMAN 9 Bandarlampung Hendro Suyono, kepada siswa kelas XII yang telah mengikuti Ujian Akhir Sekolah dan Ujian Nasional CBT berharap kelulusan mencapai 100 persen dan bisa menembus masuk perguruan tinggi yang diidam-idamkan.

Hendro berpesan lulusan sekolah ini yang meneruskan pendidikan atau dimana pun nanti berada, jangan sampai melepas almamater sekolah. "Selalu menjaga diri dan terus menyandang nama baik SMAN 9 Bandarlampung," ujarnya mengingatkan.

Dalam kesempatan ini dilaksanakan pula pemberian kenang-kenangan kepada Dra Yohana MY (guru Agama Islam), dan Sempurna Ginting SPd (guru bahasa Inggris) yang telah memasuki masa pensiun sebagai guru di SMAN 9 Bandarlampung.

Peserta didik SMAN 9 Bandarlampung kelas XII (kelas tiga) yang mengikuti acara pelepasan ini 267 siswa, yaitu 188 siswa Jurusan IPA dan 79 siswa Jurusan IPS.

Acara ini juga dihadiri para tamu undangan, pengurus Komite SMAN 9 Bandarlampung, guru, staf tata usaha, dan seluruh siswa kelas X dan XI.

Ketua Komite SMAN 9 Bandarlampung Dr Ayi Ahadiat menegaskan bahwa keberhasilan pembelajaran di sekolah ini, antara lain diukur dari tingkat kelulusan ujian nasional, kelulusan masuk perguruan tinggi negeri, maupun prestasi akademik dan nonakademik yang berhasil diraih para siswa, termasuk adanya peningkatan kapasitas dan kualitas tenaga pendidik (guru) maupun kelengkapan sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah ini.

Dia menyatakan, saat ini SMAN 9 Bandarlampung didukung Komite Sekolah sedang mematangkan penyusunan masterplan pengembangan sekolah ini dalam jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

"Mau dibawa kemana SMAN 9 Bandarlampung ini ke depan, sudah harus dirancang sejak sekarang, sehingga dapat menjadi sekolah unggulan dan berkualitas terbaik di daerah ini maupun secara nasional," ujar Ayi yang juga dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Lampung itu pula.

Ia berharap ke depan prestasi yang diraih SMAN 9 Bandarlampung semakin meningkat dan membanggakan bagi para orang tua dan masyarakat yang mempercayakan pendidikan anak-anak mereka di sekolah ini, sekaligus membawa nama baik bagi Kota Bandarlampung maupun Provinsi Lampung.