Barca Unggul Empat Angka Di Puncak Klasemen

id barca, messi, neymar, unggul

 Barca Unggul Empat Angka Di Puncak Klasemen

Pemain Barcelona Lionel Messi melakukan selebrasi setelah mencetak gol. (REUTERS/Gustau Nacarino)

Madrid, (Antara/Reuters/ANTARA Lampung) - Barcelona memastikan mereka setidaknya akan unggul satu angka atas Real Madrid di puncak klasemen Liga Spanyol ketika mereka menjamu rival abadinya pada laga "Clasico" pekan depan, setelah Lionel Messi mencetak dua gol saat timnya menang 2-0 atas tim kecil asal Basque, Eibar, pada Sabtu (Minggu WIB).

Barca menggeser Real, yang akan menjamu Levante pada Minggu, untuk menduduki peringkat pertama pada akhir pekan silam dan menampilkan permainan dominan yang terinspirasi dari Messi untuk total mengoleksi 65 angka dengan 11 pertandingan tersisa.

Dengan Xavi dan Andres Iniesta menghuni bangku pemain cadangan, Messi menjadi kapten tim dan membawa raksasa Katalan itu unggul pada menit ke-31 di markas Eibar, Stadion Ipurua, ketika ia mengkonversi penalti setelah tangan Borja Ekiza mengenai tembakan penyerang Argentina itu.

Messi mengubah skor menjadi 2-0 melalui tandukan dari tendangan sudut Ivan Rakitic saat babak kedua berlangsung sepuluh menit, gol ke-32nya di Liga Spanyol musim ini dan yang ke-43 di semua kompetisi, dua gol lebih banyak daripada yang dikoleksinya pada musim 2013/2014 saat dirinya banyak diganggu masalah cedera.

Unggul dua gol atas penyerang Real Cristiano Ronaldo sebagai pencetak gol terbanyak Liga Spanyol musim ini, Messi setidaknya mencetak dua gol dalam 120 pertandingan untuk klub dan negaranya, 112 untuk Barcelona dan delapan gol untuk Argentina.

Sementara itu Eibar, yang tampil untuk pertama kalinya di Liga Spanyol musim ini, menolak untuk menyerah atas lawan mereka tersebut dan penyerang Federico Piovaccari melepaskan tembakan yang membentur mistar gawang pada fase akhir pertandingan.

"Ini merupakan penampilan solid yang sangat bagus melawan tim yang memberi banyak masalah bagi kami," kata pelatih Barca Luis Enrique pada konferensi pers.

"Kami akan menuju pertandingan (melawan Real) sebagai pemuncak klasemen dan dalam bentuk yang sempurna." Ketajaman Messi belakangan ini diharapkan dapat berlanjut pada pertandingan kedua putaran 16 besar Liga Champions, Rabu, saat mereka menjamu Manchester City, ketika Barca akan berupaya mempertahankan keunggulan 2-1 dari pertandingan pertama bulan lalu.

Pertandingan Barca di markas Eibar juga menjadi catatan tersendiri bagi gelandang Xavi, ketika ia mengukir rekor penampilan untuk klub dengan tampil untuk ke-750 kalinya saat ia masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua untuk menggantikan Rakitic.

Pelanggaran brutal Atletico Madrid, sebaliknya kesulitan mencetak gol sebelum finalis Liga Champions musim lalu ini bertekad membalikkan defisit 0-1 dari Bayer Leverkusen di kompetisi elit Eropa pada Selasa.

Juara bertahan Atletico Madrid harus menyerahkan peringkat ketiga Liga Spanyol kepada Valencia, ketika mereka harus kehilangan Miranda yang diusir keluar lapangan akibat melakukan pelanggaran brutal pada babak pertama dan ditahan imbang 0-0 oleh tim papan tengah Espanyol.

Tim asal Madrid itu memiliki peluang-peluang yang lebih baik di markas Espanyol, Cornella El Prat, di Barcelona, sebelum bek tengah Miranda mendapatkan kartu merah ketika ia menjatuhkan Abraham dengan tangan ketika kedua pemain itu melompat untuk berduel memperebutkan bola.

Penyerang Fernando Torres memaksa kiper Espanyol Kiko Casilla melakukan penyelamatan bagus pada menit ke-11, dan gelandang Koke melepaskan tembakan melebar semenit kemudian.

Bermain dengan kekurangan satu pemain pada babak kedua membuat Atletico kesulitan untuk menciptakan peluang-peluang, namun Raul Garcia nyaris memecah kebuntuan 13 menit sebelum pertandingan usai ketika tembakan mendatarnya dapat ditepis oleh Casilla.

Atletico, yang tidak pernah menang dalam empat pertandingan terakhirnya, mengoleksi 56 angka untuk menghuni peringkat keempat.

Valencia memiliki 57 angka setelah pada Jumat menang 2-0 atas Deportivo La Coruna, sedangkan tim peringkat kelima Sevilla (49) dapat mendekatkan jarak menjadi empat angka dengan Atletico jika mampu mengalahkan Elche pada Minggu.

Athletic Bilbao menindak lanjuti kemenangan 1-0 pada akhir pekan silam dari Real dengan meraih kemenangan 2-1 di markas Celta Vigo, meski Mikel San Jose harus diusir keluar lapangan lima menit sebelum pertandingan usai, yang membuat mereka unggul tiga angka atas tim peringkat kesembilan Espanyol.

Rayo Vallecano naik ke peringkat ke-11 ketika mereka bangkit dari kemasukan satu gol untuk menang 3-1 atas tamunya tim peringkat ke-19 Granada, berkat dua gol sumbangan Alberto Bueno dan gol larut dari Adrian Embarda.