Messi Pecahkan Rekor Lagi

id messi,camp new,rekor,pecah telmo zara

Messi Pecahkan Rekor Lagi

Penyerang Barcelona, Lionel Messi, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Sevilla pada laga Primera Division di Camp Nou, Sabtu (22/11/2014). Gol tersebut memecahkan rekor sebagai top scorer sepanjang masa Liga Spanyol, memecahkan rekor Telmo Zarra

Ketika saya mencetak gol ini, saya tidak dapat membayangkan saya memecahkan rekor apapun, yang sebelumnya dipegang oleh Telmo Zarra yang hebat."
Madrid, (Antara/AFP/ANTARA Lampung) - Lionel Messi menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam sejarah Liga Spanyol melalui trigolnya, ketika Barcelona menaklukkan Sevilla dengan skor 5-1 pada Sabtu (Minggu WIB) untuk tetap tertinggal dua angka dari pemuncak klasemen liga Real Madrid.      

Messi (27) menyamai rekor penyerang legendaris Basque Telmo Zarra ketika ia membuka rekening golnya melalui tendangan bebas, untuk mencatatkan golnya yang ke-251 dari 289 penampilan di kompetisi tertinggi Spanyol.
        
Gol bunuh diri Jordi Alba membawa Sevilla menyamakan kedudukan pada awal babak kedua, namun Neymar merestorasi keunggulan Barca sebelum Ivan Rakitic memastikan pertandingan itu menjadi milik timnya ketika ia menanduk umpan silang Luis Suarez ke gawang bekas klubnya.
        
Messi kemudian mengambil alih sorotan ketika ia menyambar umpan silang mendatar Neymar untuk menorehkan rekor baru, dan memperbesarnya beberapa saat kemudian melalui penyelesaian akurat untuk menutup malam yang menggembirakan bagi pasukan Luis Enrique melawan tim yang memulai malam dengan hanya berselisih dua angka dari tim Katalan itu.
        
"Ketika saya mencetak gol ini, saya tidak dapat membayangkan saya memecahkan rekor apapun, yang sebelumnya dipegang oleh Telmo Zarra yang hebat," tulis Messi melalui halaman Facebooknya dengan menampilkan gol pertamanya untuk Barca ke gawang Albacete pada Mei 2005.
        
"Saya hanya mampu mencapai hal ini karena dukungan yang saya dapatkan dari begitu banyak orang sepanjang masa-masa saya di sini, dan saya ingin mendedikasikan pencapaian ini untuk Anda semua."  

Pada pertandingan sebelumnya, Real Madrid mengubur mimpi "pembunuh raksasa" tim kecil asal Basque Eibar, berkat dua gol Cristiano Ronaldo untuk menorehkan kemenangan beruntun ke-14 mereka di semua kompetisi dengan kemenangan 4-0.
        
Juara bertahan Atletico Madrid masih tertinggal empat angka dari posisi puncak ketika mereka menang 3-1 atas Malaga di Vicente Calderon, berkat dua gol dari Tiago, Antoine Griezmann, dan Diego Godin.
        
Pada bagian lain klasemen, Real Sociedad unggul satu angka dari zona degradasi ketika mantan pelatih Manchester United David Moyes menjalani debutnya sebagai pelatih baru tim Basque itu, ketika mereka bermain imbang 0-0 dengan tuan rumah Deportivo La Coruna.
        
Sevilla diperkirakan mampu memberi ancaman serius kepada Barcelona yang tampil kurang konsisten di Liga Spanyol.
        
Bagaimanapun, tuan rumah memegang kendali permainan pada babak pertama dan berpeluang unggul sebelum sepakan bersejarah Messi ketika upaya pertama pemain Argentina itu dapat digagalkan Beto, dan kiper Portugal itu kemudian menggagalkan peluang Luis Suarez dari sudut sempit.      

Momen Messi terjadi pada pertengahan babak pertama ketika tendangan bebasnya melengkung sempurna ke sudut atas gawang Beto, untuk mencatatkan gol ke-12nya musim ini.
        
Hanya pertahanan gigih dari tim Andalusia di yang mencegah Barca mengakhiri babak pertama dengan meyakinkan, ketika Nico Pareja meluncur untuk mencegah Suarez mencatatkan gol perdananya untuk Barca setelah Alba mengecoh Beto dan kiper Portugal itu memperlihatkan reaksi cerdas untuk menggagalkan peluang Neymar dari tendangan sudut dengan merentangkan kakinya.  
   
Suarez frustrasi
   
Semua pekerjaan bagus Barca pada babak pertama dibatalkan saat babak kedua baru berlangsung 60 detik, ketika Vitolo bergerak melewati Gerard Pique dan umpan silang mendatarnya masuk ke gawang tuan rumah setelah membentur Alba.
        
Bagaimanapun, Barca hanya memerlukan dua menit untuk menebusnya, ketika tendangan bebas Xavi ditanduk ke sudut jauh oleh Neymar.
        
Pencarian Suarez terhadap gol pertamanya akan diperpanjang menjadi lima pertandingan, namun pemain Uruguay ini menorehkan assist keempatnya dari empat pertandingan, di mana ia berlari dan mengirim umpan silang yang dituntaskan dengan mudah oleh Rakitic untuk mengubah skor menjadi 3-1.    
   
Neymar yang tidak egois menyodorkan bola kepada Messi untuk bergerak dan melampaui rekor Zarra, ketika ia menembakkan umpan silang mendatar pemain Brazil itu, dan ia dilemparkan ke udara oleh rekan-rekan setimnya sebagai bentuk perayaan.
        
Bagaimanapun, peraih empat penghargaan Pemain Terbaik Dunia itu belum selesai, ketika ia mengunci trigolnya yang ke-27 untuk Barcelona dari operan Neymar 13 menit sebelum pertandingan usai.
        
Real Madrid juga menikmati sore yang cerah dalam suasana yang tidak familir pada pertandingan liga pertama mereka ke Stadion ipurua yang hanya berkapasitas 5.000 penonton di Eibar.
        
Sang juara Eropa mendapatkan sedikit keberuntungan pada babak pertama, ketika James Rodriguez menanduk gol pembuka meski Ronaldo dan Karim Benzema terlihat berada dalam posisi offside pada proses terciptanya gol itu.
        
Ronaldo kemudian menggandakan keunggulan timnya dengan tembakan yang melambung melewati Xabi Irureta sebelum turun minum.
        
Benzema mencetak gol ketiga 20 menit sebelum pertandingan usai, sebelum Ronaldo menutup kemenangan ini dengan mencetak gol dari titik penalti.
        
"Tujuannya adalah meneruskan laju ini karena tim bermain baik dan para pemain termotivasi," kata pelatih Real Carlo Ancelotti.
        
"Namun musim sangat panjang dan kami perlu meneruskan sikap seperti ini."


Penerjemah: A.R.A Adipati.