Messi Gagal Penalti, Barca Menang

id Messi Gagal Penalti, Barca Menang

Madrid (Antara/AFP) - Barcelona mengatasi kegagalan penalti Lionel Messi untuk kembali ke puncak klasemen Liga Spanyol dengan kemenangan 5-0 atas tuan rumah Levante pada Minggu (Senin WIB).
        
Neymar membuka keunggulan melalui penyelesaian sederhana dari umpan terobosan Messi, sebelum bintang Argentina itu gagal mencetak gol dari titik penalti untuk ke-12 kalinya sepanjang kariernya, setelah Loukas Vyntra mendapat kartu merah karena melanggarnya di area terlarang.
        
Bagaimanapun, itu tidak berpengaruh banyak ketika tembakan keras Ivan Rakitic mengubah skor menjadi 2-0 sebelum turun minum, dan gol-gol dari Sandro Ramires, Pedro Rodriguez, dan Messi melengkapi kemenangan Barca setelah turun minum, untuk membuat mereka mendulang empat kemenangan dari empat pertandingan di Liga Spanyol tanpa kemasukan satu gol pun.
        
Barca sekarang unggul dua angka atas tim peringkat kedua Sevilla, di mana juara bertahan Atletico Madrid teringgal dua angka, dan Real Madrid tertinggal enam angka di peringkat ketujuh.
        
"Saat kami telah memainkan jumlah pertandingan yang lebih signifikan, kami akan melihat ke klasemen dan menganalisa situasi kami," kata pelatih Barca Luis Enrique.
        
"Namun musim baru dimulai dan akan ada banyak perubahan di  klasemen yang akan datang."
   
Enrique memainkan kembali bintang-bintang yang ia istirahatkan saat Barca menang 1-0 atas APOEL Nicosia di Liga Champions, ketika ia melakukan delapan perubahan di mana hanya Messi, Neymar, dan Dani Alves yang mempertahankan posisinya di tim inti.
        
Bagaimanapun, hanya upaya Rakitic yang dapat menggagalkan Victor Casadesus untuk mencetak gol dengan memanfaatkan umpan silang Jose Luis Morales untuk memberi tim juru kunci itu meraih keunggulan mengejutkan pada menit ke-15.
        
Barca kemudian perlahan-lahan mengambil kendali permainan dan setelah Jordi Alba melepaskan tembakan yang tidak tepat sasaran, upaya Neymar dapat digagalkan tim tuan rumah pada akhir pergerakan halus, yang diblok dengan berani oleh Jesus Fernandez.
        
Meski demikian, pemain Brazil ini memanfaatkan peluang dengan sempurna pada menit ke-30, ketika ia menyambut bola kiriman Messi di udara dan mengecoh kiper sebelum menggulirkan bola untuk menjadi gol ketiganya musim ini.
        
Barca terlihat akan mengunci kemenangan ketika Messi kemudian dijatuhkan di kotak penalti dan bek asal Yunani Vyntra diusir keluar lapangan karena menggagalkan peluang mencetak gol.
        
Messi sendiri yang bertindak sebagai eksekutor penalti, namun sepakannya terlalu tinggi dan melebar dari gawang.
        
Rasa malu pemain Argentina itu segera terobati ketika Rakitic mencetak gol pertamanya untuk klub dari luar kotak penalti tidak lama kemudian, untuk memastikan tim tamu memimpin 2-0 saat turun minum.