PNM: PKU Mengembangkan Usaha Rakyat

id pnm mandiri, pku, usaha rakyat

PNM: PKU Mengembangkan Usaha Rakyat

PKU ini dilaksanakan guna menghilangkan hambatan-hambatan dalam membangun usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang telah dilakukan oleh masyarakat, khususnya yang tergabung pada klaster Ulamm Metro."
Metro, 20/9 (Antara) - Pimpinan Permodalan Nasional Madani (Persero) Cabang Lampung Mulyana Wiriakusuma menyatakan, Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) merupakan upaya perusahaan dalam mengembangkan usaha yang dijalankan oleh masyarakat atau rakyat.

"PKU ini dilaksanakan guna menghilangkan hambatan-hambatan dalam membangun usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang telah dilakukan oleh masyarakat, khususnya yang tergabung pada klaster Ulamm Metro," ujarnya saat membuka PKU di Taman Palem Indah Kota Metro, Lampung, Sabtu.

Menurut dia, kegiatan itu menjadi bagian dari program nasional yang diprakarsai PNM sebagai inisiatif guna membantu pelaku UKM di negeri ini.

Saat ini, ia melanjutkan, untuk Provinsi Lampung sudah banyak pengusaha atau pelaku UMKM yang sedang berkembang seperti salah satunya sektor usaha retail.

"Pelaku UMKM berkembang inilah yang perlu terus diberikan pembinaan agar dapat lebih maju lagi, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lampung," ujar dia pula.

Tokoh masyarakat Metro, Pairin mengapresiasi adanya kegiatan pembinaan bagi pelaku usaha yang telah diselenggarakan oleh PT PNM Lampung.

"Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman dan bekal bagi masyarakat dalam mengembangkan usaha miliknya," kata dia.

Bupati Lampung Tengah ini juga meminta agar PT PNM dapat terus memberikan pendampingan secara terus menerus sehingga pelaku UMKM bisa meningkatkan hasil usaha mereka.
Ia juga berpesan agar para pelaku usaha tidak menyalahgunakan modal yang telah disalurkan oleh PT PNM, karena banyak kegagalan terjadi setelah kita menerima anggaran tersebut.

Sementara itu, Eksekutif Vice Presiden PNM, Arief Mulyadi melalui rilisnya menjelaskan, PNM akan terus berupaya untuk mengembangkan usaha yang dilakukan oleh para pelaku UMKM.

Beberapa cara diantaranya, menurut dia, adalah dengan mengikutsertakan produk-produk UMKM dalam pameran-pameran sehingga bisa mendekatkan/memperkenalkan kepada masyarakat luas.

Untuk itulah, ia melanjutkan, PNM berkewajiban dalam melakukan edukasi dan pendampingan secara berkala kepada masyarakat, khususnya dengan mengenalkan Ulamm di wilayah Metro sekitarnya.

Selain itu, kegiatan PKU ini merupakan salah satu sarana evaluasi dan pendampingan mendalam setelah adanya pelatihan yang dilakukan pada April lalu