Atlet Asing Batal Ikut Lomba Renang Danau Toba

id toba

Atlet Asing Batal Ikut Lomba Renang Danau Toba

Danau Toba (Hisar Sitanggang/Antara)

Samosir  (Antara Lampung) - Bupati Samosir Mangindar Simbolon mengaku kecewa karena atlet asing batal turun pada kejuaraan internasional renang keliling danau terbesar di Indonesia dalam rangkaian Festival Danau Toba 2013.
         
Sesuai dengan rencana, renang keliling danau kelas internasional yang baru pertama kali digelar itu akan diikuti atlet yang punya nama besar, yaitu Thomas Lurz dari Jerman, Spyridon Gianniotis dari Yunani, Martina Grimaldi dari Italia, dan Poliana Okimoto dari Brazil.
         
"Rasa kecewa pasti ada. Ini patut disayangkan. Tentu PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia, red.) yang harus bertanggung jawab," kata Mangindar Simbolon usai melepas renang keliling Danau Toba di Dermaga Hotel Dumasari Samosir, Rabu.
        
Menurut dia, hingga saat ini pihaknya belum mengetahui dengan pasti dari panitia penyelenggara kegiatan mengenai alasan ketidakhadiran atlet renang kelas dunia pada kejuaraan yang bertajuk World Super Swim itu.
         
"Katanya sudah oke, tetapi kenyataannya seperti ini. Jadi, apa ya, kurang ada gregetnya," kata Mangindar Simbolon dengan nada lemah.
         
Meski sedikit kecewa, Mangindar Simbolon tetap mengapresiasi atlet-atlet nasional yang turun pada renang keliling Danau Toba. Orang nomor satu di Kabupaten Samosir itu berharap pelaksanaannya sukses.
         
Sementara itu, salah satu penanggung jawab kegiatan renang keliling Danau Toba, Amir Husein, mengaku batalnya atlet internasional ke Samosir karena ada beberapa hal, di antaranya singkatnya proses negosiasi dengan atlet meski telah disetujui FINA.
         
"Memang, atlet internasional batal turun di kejuaraan ini. Memang khusus tahun ini sifatnya baru eksebisi meski sudah disetujui oleh FINA (federasi renang dunia)," katanya.
         
Menurut dia, meski tanpa atlet asing, renang keliling Danau Toba ini tetap diikuti atlet nasional. Bahkan, atlet ini telah beberapa kali turun dikejuaraan internasional, termasuk di Barcelona Spanyol beberapa waktu lalu.
        
Ditanya sistem perlombaan yang dilakukan, Amir Husein menjelaskan bahwa 12 atlet sebelumnya dilepas secara bersamaan. Hanya saja setelah 5 kilometer delapan atletnya naik ke kapal guna mempersiapkan diri untuk menggantikan posisi empat perenang lain.
         
"Setiap 10 kilometer akan ada pergantian. Hari ini, harus menyelesaikan 40 kilometer dalam waktu sembilan jam. Setelah itu, istirahat dan besok dilanjutkan lagi," kata Amir menegaskan.