Banyak Warga Tidak Pasang Bendera

id Banyak Warga Tidak Pasang Bendera , HUT ke-68 RI, Bendera, Upacara, Gubernur Lampung, SZP, Lomba

Banyak Warga Tidak Pasang Bendera

Paskibra mengibarkan bendera merah putih pada upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI di Lampung. (ANTARA FOTO Dok/M.Tohamaksun).

Masih banyak rumah warga dan pertokoan di Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung, tidak dipasang bendera Merah Putih pada peringatan HUT Kemerdekaan tahun ini."
Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Anggota DPRD Provinsi Lampung menyesalkan sejumlah warga di Kota Bandarlampung tidak memasang bendera Merah Putih di rumahnya pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Masih banyak rumah warga dan pertokoan di Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung, tidak dipasang bendera Merah Putih pada peringatan HUT Kemerdekaan tahun ini," kata Anggota Komisi V DPRD Provinsi Lampung Ahmad Nyerupa, di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan, minimnya kesadaran masyarakat memasang bendera merah putih di pekarangan rumah masing-masing saat menyambut peringatan hari Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus karena berkurangnya kesadaran masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

Menurutnya, peringatan HUT RI merupakan momentum penting bagi negara, warga harus memeriahkan dan menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI dengan semaksimal mungkin, minimal dengan memasang bendera dan umbul-umbul di rumah kediaman masing, termasuk kantor perusahaan swasta dan bangunan lainnya.

Berdasarkan pemantauan, lanjutnya, nampak rumah toko (ruko) yang masih memasang bendera Merah Putih ala kadarnya. Bahkan, masih ditemukan di perkantoran ada yang tidak memasang bendera sama sekali.

Demikian juga di permukiman warga di sejumlah kecamatan di Bandarlampung, terutama sejumlah perumahan warga yang terdapat di jalan-jalan sempit tidak memasang bendera nasional tersebut.

Wustoni, warga Kecamatan Kemiling, mengaku tidak memasang bendera karena melihat warga sekitar lingkungannya tidak memasang bendera Merah Putih itu. HUT ke-68 Kemerdekaan RI juga dirasakan kurang begitu meriah oleh warga daerah itu.

Hal tersebut antara lain karena warga baru usai merayakan Idul Fitri 1434 Hijriah. Umumnya warga lebih terfokus untuk menyiapkan Lebaran lalu dan tidak terlalu memikirkan untuk menyemarakkan HUT RI.

"Memang peringatan HUT Kemerdekaan RI kali ini kurang terasa gebrakannya. Karena, semua orang khususnya umat Islam baru saja usai melaksanakan Lebaran," katanya lagi.