Selasa, 25 Juli 2017

AS Rekomendasi Sumut Sebagai Tujuan Wisman

id Wisata, Sumut, Sumatera Utara, Medan, Wisata, Gunung, Danau, Samosir, Wisman, Amerika Serikat
AS Rekomendasi Sumut Sebagai Tujuan Wisman
Gunung Pusuk Buhit dengan pemandian air panasnya merupakan salah satu objek wisata di Pulau Samosir Provinsi Sumut. Tempat iti bisa dijangkau menggunakan jalan darat atau perahu dari Desa Buhit. (FOTO ANTARA LAMPUNG/Hisar Sitanggang).
Medan (ANTARA LAMPUNG) - Pihak Konsulat Amerika Serikat di Medan merekomendasikan Sumatera Utara dan khususnya kota Medan merupakan salah satu daerah yang aman untuk dikunjungi wisatawan mancanegara.
          
"Daerah ini cukup kondusif untuk dikunjungi dan termasuk menggelar kegiatan forum ilmiah internasional," ujar Wakil Konsul AS di Medan, Trevor R Olson, saat audensi dengan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, H Nurdin Lubis.
      
Didampingi Penasihat Hukum Tetap Indonesia pada Departemen Kehakiman Amerika Serikat (US Departments of State and Justice) Terry M Kinney, Trevor menegaskan kondusivitas Sumut ini adalah dasar utama pihak AS mendukung Seminar Internasional Pencegahan Terorisme digelar di Medan.
           
Kedatangan Trevor maupun Terry ke Kantor Gubernur Sumut mendampingi Pembantu Rektor IV Universitas Sumatera Utara Prof Ningrum Natasya Sirait untuk melaporkan rencana Seminar Internasional Pencegahan Terorisme di Kampus USU Medan pada 28 Januari hingga 1 Februari 2013.
          
Nurdin Lubis menegaskan, pemerintah daerah ini akan mendukung penuh seminar internasional yang disponsori sejumlah badan atau lembaga dunia termasuk Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).
           
"Dukungan ini implementasi dari MoU antara Pemprov Sumut, USU dan BNPT yang telah ditandatangani beberapa waktu lalu dan di Sumut juga sudah terbentuk Badan Pelaksana Penanggulangan Terorisme (BPPT) Provinsi Sumut yang diketuai H Eddy Syofian (Kepala Badan Kesbangpol Linmas Sumut)," ujarnya.
            
Nurdin mengatakan, Pemerintah RI termasuk Pemprov Sumut sangat serius dalam penanggulangan terorisme, di mana saat ini selain di pusat ada BNPT maka di 11 provinsi juga sudah dibentuk BPPT.
         
"Terbentuknya BPPT di 11 provinsi dan termasuk di Sumut ini merupakan embrio atau cikal bakal bagi terbentuknya lembaga perpanjangan tangan BNPT di seluruh Indonesia," ucap dia.
           
Penasihat Hukum Tetap Indonesia pada Departemen Kehakiman Amerika Serikat, Terry M Kinney, juga memandang keseriusan pemerintah RI cukup signifikan dan Sumut juga responsif terhadap isu ini sehingga pihak AS mendukung seminar ini digelar di Medan.
           
Sejumlah badan dunia juga medukung seminar internasional bertajuk Global "Best Practices in The Investigation and Prosecution of Terror Financing Cases" tersebut.
           
Badan atau lembaga internasional itu antara lain The Australian Government Attorney - General's Department, The United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC), The Indonesian Financial Intelligence Unit, Unites States Dapartments of State and Justice.
            
Prof Ningrum menjelaskan sejumlah pembicara internasional akan tampil pada seminar ini nanti termasuk Kepala BNPT  Arsyad Mbai dan beberapa pembicara dari Sumut diantaranya Rektor IAIN Sumut

Editor: Hisar Sitanggang

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Baca Juga

Generated in 0.0532 seconds memory usage: 0.36 MB